Profil Organisasi

organization-alignment2

 

Pada 11 Februari 1972 beberapa pengusaha di bidang logam dan mesin industri mendirikan asosiasi bisnis bernama IMA ( Asosiasi Metal works Indonesia ) di Semarang, Jawa Tengah. Sinkronisasi dengan Program Pemerintah, dimana industri logam dan mesin menjadi lebih diperhatikan, IMA pun kemudian menyesuaikan diri. Akhirnya, di Jakarta pada tanggal 19 November 1975, IMA diubah menjadi GAMMA ( Gabungan Asosiasi Industri Pengerjaan Logam Dan Mesin Indonesia).

Karena meningkatnya tantangan di bidang industri pengerjaan logam dan mesin, permasalahan yang dihadapi pun semakin  rumit. Hal ini menuntut adanya kebutuhan berupa pembentukan asosiasi yang saling terkait di bidang pengerjaan logam dan mesin. Perkembangan yang terjadi kemudian mendorong perubahan dalam organisasi GAMMA yang saat itu hanya terdiri dari beberapa perusahaan di bidang industri logam dan mesin. Pada 18 Juli 1977, para anggota sepakat untuk membentuk dua ( 2 ) asosiasi baru yaitu di bidang mesin pertanian dan mesin diesel .

 

Sejak tahun 1979 GAMMA telah efektif menjadi Gabungan Asosiasi di bidang industri pengerjaan logam dan pengerjaan mesin dan berjuang untuk kepentingan bersama anggotanya. Setiap asosiasi yang menjadi anggota GAMMA masih tetap independen untuk mengejar interes masing-masing anggotanya. Gabungan asosiasi tetap memiliki koordinasi dan mengawasi kegiatan anggota-anggotanya.

 

Selanjutnya , jumlah anggota GAMMA telah meningkat selama bertahun-tahun dan saat ini ada dua belas ( 12 ) asosiasi sebagai anggota. Saat ini  asosiasi yang tergabung dalam GAMMA antara lain :

 

  1. ALSINTANI (Asosiasi Perusahaan Alat dan Mesin Pertanian Indonesia)
  2. ABI (Asosiasi Motor Bakar Indonesia)
  3. APKOBI (Asosiasi Pengusaha Konstruksi Baja Indonesia)
  4. ASPEP (Asosiasi Pengerjaan Logam dan Permesinan)
  5. APLINDO (Asosiasi industri Pengecoran Logam Indonesia)
  6. ASIMPI (Asosiasi Industri Mesin Perkakas Indonesia)
  7. AIMKI (Asosiasi Industri Mesin Konstruksi Indonesia)
  8. AIPSI (Asosiasi Industri Pompa Indonesia)
  9. AIPPI (Asosiasi Industri Peralatan Pabrik Indonesia)
  10. IBTA (Asosiasi Industri Bolier & Turbin Indonesia)
  11. AIRMEPI (Asosiasi Industri Rekondisi Mesin dan Peralatan Indonesia)
  12. AIPPINDO (Asosiasi Industri Perkakas Presisi Indonesia)

Website (sebagian besar masih belum ada, bagi anggota asosiasi yang berminat membuat website silahkan kontak Bapak Karim di 08164850722) .

Bagi yang berminat lebih jauh untuk mengetahui operasional GAMMA silahkan unduh dokumen-dokumen berikut :